Cangkang Kerang disulap Jadi Hiasan Indah

1,779 views
0

WartaWisata.ID – Cangkang kerang banyak dimanfaatkan menjadi aneka kerajinan unik dan cantik, Banyaknya perajin kerang di Sirimau karena berlimpahnya bahan baku cangkang kerang bermacam-macam kerajinan, seperti liontin, kaligrafi, plakat penghargaan, dan pajangan dengan berbagai motif.

Ketika kita melewati sepanjang jalan kawasan Batumerah, Kota Ambon maka yang terlihat adalah jejeran toko souvenir yang beriskan hiasan kerang menawarkan bermacam-macam motif yang sudah terbingkai rapi. Ada juga asesoris dari kerang berupa cincin, dan bros. Berbagai macam motif tersedia disitu, tinggal memilih mana yang sesuai dengan keinginan. Jika memiliki konsep sendiri, pembeli bisa memberikannya kepada si pengrajin, pengrajin bisa membuatnya sesuai keinginan pembeli.

Di salah satu desa adat tertua di Kota Ambon ini ada banyak perajin kerang dan toko souvenir yang menjual berbagai jenis kerajinan dari kulit kerang dan perhiasan karya seni hasil kerajinan kerang berupa hiasan dinding berupa gambar bunga, burung, nelayan dan burung cenderawasih. Biasanya orang Ambon bepergian ke Belanda saat Natal dan tahun baru. Saat itu, mereka bisa memesan kerajinan dalam jumlah banyak.

Selain cangkang kerang mutiara, bahan baku kerajinan juga memakai kerang jenis lain, seperti kerang jape-jape, mabe, dan berbagai macam jenis keong. Dalam setiap hiasan dinding, kerang yang digunakan dari berbagai macam jenis, antara lain kerang mutiara, kerang mabe, kerang jape-jape dan berbagai macam jenis keong. Beragam jenis kerang dan keong ini akan memberikan aksen warna yang berbeda.

Berbagai kerajinan kerang mulai dari kaligrafi, panorama alam, hewan, bunga, dan berbagai jenis lainnya semuanya tersedia. Untuk harga sangat terjagkau, berbagai jenis kerajinan kerang yang dijual harganya bervariasi mulai dari yang paling murah Rp 100 ribu hingga Rp 4 juta hingga Rp 10 juta. Harga tersebut sesuai dengan ukuran, bentuk dan tingkat kesulitan pembuatannya.

Komentar kamu?