Pusat Laut ada di Donggala, Sulawesi Tengah

1,152 views
0

WartaWisata.ID – Belum banyak yang tahu kalau di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, terdapat sebuah obyek wisata yang berbeda dari wisata lainnya di tanah air, Masyarakat menamakannya Pusentasi yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia berartikan Pusat Laut. Mendengar nama objek wisata ini mungkin Anda langsung bertanya-tanya. Apakah objek wisata ini berada di tengah laut?

Tempat ini terletak persis di Dusun Simbe, Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala. Jika ditempuh darat menggunakan kendaraan bermotor, seperti sepeda motor dan mobil dari Banawa ibu kota Kabupaten Donggala hanya berjarak 12 kilo meter. Sedangkan jika ditempuh dari Palu ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah, dengan kendaraan pribadi hanya berjarak 46 kilo meter, dengan durasi waktu yang anda perlukan tidak kurang dari 45 menit perjalanan.

Pusentasi merupakan sebuah lubang besar menganga mirip kolam berbentuk seperti sumur raksasa yang berdiameter 10 meter dengan kedalaman tujuh meter yang terisi air laut yang sangat jernih meski para pengunjung melakukan aktifitas terjun dan berenang tak membuat airnya menjadi keruh di sekelilingnya terdapat bebatuan yang sangat kokoh.

konon terdapat terowongan yang menghubungkan lubang ini ke laut. Banyak juga yang menyebut sink hole ini sebagai sumur laut. Keunikan dari Pusat Laut ini juga mengalami pasang surut, ketika Laut di pantai bagian timur sumur surut, maka air sumur menjadi pasang dan begitu pula sebaliknya.

Selain merupakan Fenomena Alam, Pusentasi juga dipercaya memiliki cerita Legenda sendiri yaitu sebuah legenda seorang Putri Raya bernama Yamamore putri seorang Raja Towale yang melarikan diri dari istana demi menghindari perkawinan paksa. Dalam pelariannya, ia bersembunyi dengan cara mencemplungkan diri ke dalam telaga air asin. Maka sejak itulah Yamamore menghilang dan tempatnya dinamai pusat laut atau Pusentasi.

Bagaimana? Tertarik menikmati keunikan Wisata di Sulawesi Tengah?

Komentar kamu?