“Pak Tua” di Ciwidey yang menarik dikunjungi

167 views
0

WartaWisata.ID – Kawah Putih adalah salah satu objek wisata yang terletak di kawasan Ciwidey, Bandung. Tempat ini merupakan sebuah danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha yang berada pada ketinggian lebih dari 2.090 meter di atas permukaan laut.

Konon, nama Patuha sendiri berawal dari kata “Sepuh” yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan “Pak Tua”. Kemudian nama “Pak Tua” ini berubah menjadi Patuha. Sejarah Letusan hebat oleh Gunung Patuha pada abad ke 10 membuat banyak orang beranggapan bahwa lokasi ini adalah kawasan angker karena setiap burung yang terbang melewati kawasan tersebut akan mati. Karena kepercayaan tersebut, tidak ada orang yang berani mendekati kawasan ini.

Pada tahun 1837 ada seorang ahli bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn yang memutuskan untuk pergi ke puncak Gunung Patuha demi ilmu pengetahuan, Dr. Franz Wilhelm Junghuhn berhasil mencapai puncak Gunung Patuha dan dari sana ia melihat ada sebuah danau berwarna putih dengan bau belerang yang menyegat. Atas penemuan ini, Pemerintah Belanda yang kala itu menjajah Indonesia mendirikan pabrik kapur dengan nama Zwavel Ontgining Kawah Putih. Setelah kekuasaan diambil alih pemerintah Jepang, namanya pun berubah menjadi Kawah Putih Kenzanka Yokoya Ciwidey.

Keberadaan Kawah Putih menjadi terkenal dan pada tahun 1987, Sejak itu pemerintah mulai mengembangkan Kawah Putih sebagai tempat wisata yang menawarkan pengalaman unik melihat danau yang dapat berubah warna Selain untuk dinikmati keindahannya oleh para wisatawan, Kawah Putih Ciwidey juga sering kali menjadi tempat kegiatan lain, misalnya pengambilan gambar film, melukis, foto pengantin, sampai dengan kegiatan mendaki dan berkuda.

Objek wisata Kawah Putih terbuka untuk umum dan buka setiap hari mulai pukul 7 pagi hingga 17 sore dengan biaya masuk hanya sebesar 15 ribu per orang. Karena Gunung Patuha masih berstatus berapi sehingga setiap pengunjung tidak disarankan terlalu lama didalam kawah karena kadar belerang yang begitu tinggi sehingga dapat menganggu pernafasan.

Jika Berniat berkunjung ke Bandung dalam waktu dekat maka dapat singgah sejenak untuk menyaksikan pesona keindahan kawah putih Ciwidey.

Foto via : lovavel.com

Komentar kamu?