Wisata Maluku, yang Manise

526 views
0

WartaWisata.ID – Pulau Maluku yang ibukotanya Ambon dan juga terkenal dengan julukan Ambon Manise, dikenal dengan Bakat Olah Vokal yang mumpuni di Indonesia bahkan bakat dan Talenta masyarakatnya sering mewarnai ajang vestival Lokal dan Mancanegara, tapi selain itu Potensi dan Khasanah Pariwisatanya sangat mempesona, berikut diantaranya :

1. Pulau Pombo
Salah satu lokasi wisata di Kota Ambon yang menarik dikunjungi adalah Pulau Pombo. Pulau yang masih alami, belum banyak tersentuh manusia ini luasnya cuma 4 kilometer persegi.
Salah satu obyek wisata Ambon yang memilik panorama alam nan mempesona. Laut yang jernih dengan keindahan bawah laut serta terumbu karang cantik. Bagi anda penyuka wisata alam, wajib untuk datang kemari saat liburan ke Ambon.

2. Pantai Lelisa
Wisata alam berupa pantai di Ambon, keindahannya tidak kalah dengan Pantai di Lombok dan Bali. Pantai-pantai di ambon memiliki ciri khasnya sendiri dan itu menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung.
Keunikan dan daya tarik dari obyek wisata Ambon ini adalah adanya batu karang yang berjajar sampai dengan pinggiran pantai. Batuan karang akan tampak lebih jelas kalau air laut tengah surut. Obyek wisata ini letakaya dekat dengan Pantai Santai dan Namalatu.

3. Pantai Felawatu
Apabila anda masih ingin menikmati wisata pantai yang lain di Kota Ambon, anda bisa datang ke Pantai Felawatu. Letaknya kurang lebih 15 km dari pusat Kota Ambon. Mengunjungi pantai ini akan membuat anda jadi rileks dan dapat bersantai sembari menatap indahnya alam sekitar Pantai Felawatu.
Tak banyak pengunjung yang datang ke pantai ini, namun meski begitu pantai ini tetap terkenal dengan keindahannya yang menarik wisatawan dari manapun untuk datang.
Alamat : Desa Latulahat.

4. Monumen Patung Martha Christina Tiahahu
Seperti kita ketahui bahwa Martha Christina Tiahahu adalah pahlawan wanita yang asalnya dari Ambon. Untuk mengenang jasa beliau, monumen ini dibangun. Beliau melakukan aksi mogok makan lalu jasad pahlawan wanita ini dibuang ke laut.
Bagi anda yang menyukai wisata budaya, tempat ini menjadi pilihan yang tepat untuk anda. Oh, ya, monumen yang satu ini pun bisa tampak jelas apabila kita melihatnya dari pusat Kota Ambon, lho. Alamat : Bukit Karang Panjang.

5. Masjid Wapaue
Salah satu obyek wisata religi yang ada di Ambon adalah Masjid Wapaue. Masjid ini sudah dibangun sejak 1414. Sudah cukup tua, kan? Letaknya sebelah utara Kota Ambon. Tempat wisata di ambon yang satu ini sering kali di selenggarakan acara-acara keagaamaan seperti pengajian, kajian dan tausiyah maupun perayaan hari besar islam lainnya.
Masjid yang sudah berumur panjang ini menjadi salah satu sejarah berdirinya agama islam di kota ambon. Meski desain dan dekorasi dari masjid ini terbilang kuno namun tidak membuat pengunjung yang datang untuk beribadah ke tempat ini sedikit.
Alamat : dekat Gunung Wawane.

6. Monumen Pattimura
Satu lagi tempat wisata di Ambon adalah berupa sebuah monumen bernama Monumen Pattimura. Dibangun untuk menghormati dan mengenang jasa pahlawan dari Ambon bernama Thomas Matulessy.
Bagi anda yang menyukai wisata budaya, bisa berkunjung kemari. Obyek wisata yang letaknya tak jauh dari lapangan bola ini selalu ramai kunjungan wisatawan. Monumen pattimura yang menjadi tempat di pusat kota ini ramai akan pengunjung menjelang sore hari, karena di sekeliling tempat wisata ini terdapat taman yang bagus dengan tanaman dan bunga-bunga yang selalu dirawat. Maka tak heran bila wisatawan yang datang akan duduk-duduk di pinggiran taman selagi menikmati waktu.

7. Pantai Pintu Kota
Pantai Pintu Kota, dari namanya saja sudah unik. Ya, obyek wisata pantai yang satu ini memang terkenal dengan keunikannya. Apa sajakah? Dari pantai ini kita dapat melihat tebing batu karang yang terjal dengan lubang di tengahnya.
Jika dilihat-lihat dan perhatikan dengan seksama, tebing tersebut bentuknya menyerupai sebuah pintu. Keunikan lainnya adalah kawasan pantai yang lebih dominan batu karangnya dibandingkan dengan pasir pantainya. Namun, itu malah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung kemari.
8. Pantai Natsepa

Letak pantai ini apabila kita tempuh dari pusat Kota Ambon jaraknya kurang lebih 18 km. Untuk mencapainya, selain menggunakan kendaraan pribadi, anda pun bisa naik kendaraan umum dan memilih jurusan ke arah Suli.
Obyek wisata Pantai Natsepa pasirnya tampak putih bersih dengan air kebiruan. Anda yang senang dengan pantai teduh, dapat berkunjung ke Natsepa. Karena sesampai di lokasi, anda akan disambut oleh barisan pepohonan yang rindang dan hijau. Cocok untuk tempat istirahat dan santai. Alamat : Desa Suli.

9. Pantai Namasua
Ketika tiba di lokasi wisata Pantai Namasua, kita akan melihat hamparan pasir putih bersih dengan air laut bening. Pantai Namasua ini memang tidak sepopuler Pantai Liang dan Natsepa.
Kedua pantai itu selalu ramai kunjungan pelancong lokal atau luar Ambon. Akan tetapi untuk keindahannya, tidak kalah dari pantai-pantai lainnya.
Suasana pantai yang cukup sepi ini menjadi daya tarik bagi wisatawan, tempat pantai yang bersih dari sampah pelastik dan semilir angin dari ombak kecil menjadi nilai tambah pantai ini. Di pantai ini juga para wisatawan dapat melakukan snorkeling untuk melihat keindahan bawah laut yang memukau. Alamat : Desa Naku.

10. Pantai Hukurila
Selain Pantai Hukurila yang berada di Desa Hukurila, ada 2 pantai yang lain. Namanya adalah Pantai Waelaring dan Tihulessy. Tempat wisata di Ambon ini sangatlah indah, pantai hukurila terkenal dengan keindahan suasana pantai yang terdapat batu-batu, dengan pepohonan yang rindang membuat susana pantai jadi lebih sejuk.
Daya tarik dari obyek wisata Pantai Hukurila ini, selain pesona alam sekitar yang memukau juga keindahan pemandangan bawah laut berupa aneka macam ikan dan terumbu karang cantik, begitu memanjakan mata.

11. Pantai Namalatu
Apabila kita tempuh dari pusat Kota Ambon, pantai yang satu ini jaraknya sekitar 14 km arah utara. Pesona Pantai Namalatu terletak pada lokasinya yang memungkinkan untuk menatap pemandangan laut paling dalam di Indonesia (Laut Banda) secara langsung.
Wisatawan yang datang ke tempat ini akan serasa berada di negeri khayalan, karena keindahan pantai ini berbeda dari pantai-pantai yang lainnya. Asal nama pantai ini terdiri dari 2 kata yaitu Nama yang artinya adalah nama dan kata Latu yang artinya adalah raja. Alamat : Desa Latuhalat.
Untuk liburan ke pantai Anda diharuskan untuk mempersiapkan segalanya secara lengkap. Pantai yang terkenal dengan wisata yang terik dengan matahari pastinya mengandung sinar ultraviolet yang tinggi. Maka dari itu, persiapan untuk liburan ke pantai harus benar-benar di list agar tidak ada yang terlewat.

12. Pantai Liang

Pantai Liang atau dikenal juga dengan nama Hunimua, letaknya lebih jauh dari Pantai Natsepa. Apabila ditempuh dari pusat kota, jaraknya kurang lebih adalah 40 km. Setiba di pantai yang satu ini, kita akan disambut oleh hamparan pasir putih membentang dengan banyak pepohonan di dekat pantai. Pohonnya cukup rindang, sangat cocok untuk tempat istirahat atau santai.
Jika anda hendak berlibur ke Pantai Liang, jangan pas ombaknya besar, ya. Karena ketika ombak tengah besar, air lautnya pun tidak jernih lagi alias keruh. Jadi keindahannya berkurang, deh. Pantai Liang merupakan salah satu pantai di Ambon yang banyak dikunjungi wisatawan.
Alamat : Desa Liang, Kecamatan Salahutu.
13. Pantai Santai
Satu lagi nama pantai di Kota Ambon yang unik dan menarik perhatian, Pantai Santai. Sesuai dengan namanya, kawasan wisata ini memang sangat cocok dan tepat untuk tempat bersantai ria. Pantai inipun identik dengan anak muda yang lebih senang bersantai di pinggiran pantai menikmati hembusan angin dan ombak kecil.
Pasir putihnya terhampar luas, dengan air laut yang kebiruan, di tepian pantai ada banyak batu karang. Keindahan pantai yang satu ini pun lengkap sudah. Alamat : Desa Latuhalat, Kecamatan Nusaniwe.

14. Pantai Nanseri
Pantai Nanseri pun tak kalah indah dengan pantai Kota Ambon lainnya. Pasirnya putih dengan air laut bening. Bebatuan di dekat pantai menambah pesonanya.
Kegiatan yang dapat kita lakukan ketika berkunjung kemari selain bersantai sambil menikmati pesona alam Nanseri, kita dapat juga memancing serta berenang. Alamat : Desa Kilang.

15. Pantai Lawena
Ketika tiba di obyek wisata Pantai Lawena, kita akan melihat pasir putih yang membentang luas dengan air laut pun bening. Pantai yang tidak terlalu memiliki banyak pengunjung ini memiliki keindahan alam yang tak biasa. Banyak wisatawan silih berganti berdatangan untuk menikmati pemandangan sekiatar. Tak heran bila pantai ini dinobatkan sebagai surga dunia para peselancar.
Pantai ini banyak ditumbuhi pohon kelapa di sekitarnya. Jadi cukup rindang dan sejuk menikmati udara meski di wisata pantai sekalipun. Dari pusat Kota Ambon, jarak pantai ini dapat ditempuh dalam waktu 30 menit arah timur. Alamat : Desa Hutumuri.

16. Air Panas Hatuasa
Obyek wisata ini sangat tepat bagi anda yang ingin rileks dan menyegarkan tubuh kembali. Pemandian air panas dengan sumber air berasal dari bukit ini suhunya berkisar antara 57-70oC. Letaknya ada di tengah Hutan Hatuasa, dengan berendam air hangat di sini, kita tak hanya akan merasakan nikmatnya air yang hangat itu akan tetapi semilir angin membelai tubuh juga menyegarkan.
Hatuasa sendiri berasal dari dua kata. Yang pertama adalah Hatu berarti batu dan kata Asa yang artinya gosok. Nah, untuk menikmati sensasi berendam air hangat di sini, anda cukup membayar Rp 5.000,-. Alamat : Desa Salahutu.

17. Kolam Pemandian Wailatu

Kolam pemandian dengan air berwarna biru dan jernih ini kolamnya berukuran 20 x 10 meter. Hampir tiap sore hari pemandian ini selalu ramai kunjungan orang-orang. Karena lokasi kolam ini juga dekat dengan pemukiman warga sekitar.
Nama Wailatu sendiri berasal dari dua kata yaitu Wai yang artinya adalah air dan Latu yang artinya adalah raja. Jadi pemandian Wailatu dapat diartikan pemandian para raja. Dan bagi wisatawan yang ingin mandi di tempat pemandian ini tidak akan dipungut biaya.
Alamat : Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah.
18. Benteng Amsterdam
Benteng ini dibangun pada tahun 1512 dan merupakan salah satu peninggalan penjajah. Benteng ini bentuknya seperti rumah pada umumnya yang mempunyai 3 lantai. Lantai pertama dipakai sebagai tempat tidur para prajurit, lantai yang kedua untuk tempat pertemuan, dan lantai terakhir untuk pos pemantau. Selain ketiga ruang itu, ada juga sebuah menara yang dipakai untuk memantau.
Benteng ini sebelum digunakan sebagai benteng, dimanfaatkan untuk tempat menyimpan rempah-rempah yang merupakan rampasan. Perlu diketahui bahwa Benteng Amsterdam adalah benteng yang kedua di Ambon yang dibangun usai Kastee Van Verre.
Alamat : Kecamatan Hila, Ambon. Untuk masuk ke dalam lokasi, tidak perlu membayar alias gratis.

19. Museum Siwalima
Sama seperti museum pada umumnya. Isi dari museum yang ada di Kota Ambon ini adalah beraneka macam benda seni budaya. Museum ini mempunyai dua bangunan yaitu museum kelautan dan museum etnografi.
Di dalam museum etnografi anda dapat melihat secara langsung beragam benda yang berkaitan dengan seni budaya asli dari suku-suku yang ada di Maluku. Antara lain terdiri dari miniatur rumah adat, pakaian adat, banyak guci peninggalan Jepang, dan lain-lain.

20. Benteng Ferangi
Benteng ini adalah sebuah benteng pertahanan yang dibangun oleh Portugis tahun 1575. Nama lain dari benteng yang satu ini adalah Benteng Victoria atau Benteng Kota Laha. Dulu, pusat pemerintahan ada di sini sekaligus juga sebagai tempat untuk menyimpan rempah-rempah yang berasal dari Indonesia timur.
Kini, benteng yang bersejarah ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Jangan lupa untuk memasukkan lokasi wisata ini ke dalam catatan liburan anda, ya. Di Benteng Ferangi terdapat beraneka macam benda bersejarah peninggalan Portugis dan Belanda, meriam raksasa, serta peta yang berisi perkembangan Kota Ambon dari waktu ke waktu.

21. Gong Perdamaian
Gong perdamaian dunia Kota Ambon merupakan gong perdamaian dunia yang ke-39. Letaknya dekat dengan Kantor Gubernur Maluku dan Lapangan Merdeka. Gong ini dibuat dengan tujuan untuk memperingati tragedi yang pernah terjadi di Ambon yang dipicu oleh SARA.
Gong perdamaian ini telah di resmikan oleh Susilo Bambang Yudhoyono selaku bapak presiden republik Indonesia saat itu, kala beliau masih menjabat sebagai kepala negara. Dan disambut dengan hangat oleh masyarakat dan juga dunia.

22. Morea Desa Waai
Inilah yang unik dari Desa Waai, di mana hidup sekelompok morea dan ikan berdampingan dengan masyarakat. Hewan air tersebut biasanya akan berenang dengan tenang di celah kaki warga yang tengah mandi atau mencuci pakaian.
Morea ini biasa makan telur ayam. Anda pun dapat memberinya makan dengan membeli telur ayam pada warga sekitar. Masyarakat sekitar menyebut morea sebagai tuan tanah. Menurut legenda atau cerita yang beredar luas di masyarakat, ada morea yang menggunakan anting yang merupakan raja morea.

Wisata Kuliner di Ambon

1. Papeda Kuah Kuning
Salah satu kuliner khas dari Maluku, Ambon, yang wajib anda coba adalah papeda kuah kuning. Papeda yang kita tahu berasal dari sagu, dengan tekstur yang lengket mirip lem, rasa tawar, dan kenyal ini sangat pas dinikmati bersama ikan kuah kuning dan kelapa sisi atau kelapa tua dipotong sedang kemudian dimakan mentah tanpa diolah lagi. Nah, kalau orang Ambon selalu makan papeda lebih dahulu sebelum makan nasi. Pokonya rasa papeda kuah kuning ini maknyus sekali. Jadi jangan lupa untuk mencicipinya ketika berlibur ke Ambon, ya.
2. Nasi Kuning Bagadang
3. Ikan Asap
4. Kopi Joas
5. Kopi Sibu-sibu
6. Nasi Kelapa

Lokasi yang Patut dikunjungi Ketika Berlibur ke Maluku

1. Pulau Banda, Maluku Tengah
Nah, lokasi ini sangat cocok bagi para pecinta diving dan snorkeling. Taman Laut Banda yang letaknya ada di antara Pulau Gunung Api, Pulau Ai, Pulau Neira, Pulau Hatta dan Pulau Sjahrir ini memiliki keindahan bawah laut yang mempesona dengan 350 spesies biota laut dan beberapa macam terumbu karang purba yang hampir punah. Untuk mencapai lokasi ini apabila ditempuh dari Kota Ambon memerlukan waktu semalaman menggunakan kapal ferry.

Kegiatan lain yang dapat dilakukan di sini bagi anda yang tidak bisa menyelam adalah melihat ikan paus dan lumba-lumba lucu dari atas kapal, memancing ikan cakalang dan tuna bersama para nelayan, hiking di desa tradisional di Pulau Banda, menyusuri hutan pala dan reruntuhan Belanda di Kota Bandaneira. Untuk penutupnya, anda dapat menyaksikan sunset dari Pantai Selatan Banda Besar. Fasilitas yang ada di sini antara lain adalah penginapan, toko souvenir dan cinderamata, dan rumah makan dengan menu tradisional.
2. Pulau Bacan, Halmahera Selatan
Lokasinya di sebelah barat daya Pulau Halmahera. Obyek wisata yang ada di sini antara lain adalah Benteng Barnevald yang merupakan benteng Portugis. Memang kondisi benteng kurang terawat, akan tetapi apabila anda berdiri di atas benteng, anda akan menyaksikan sebuah panorama yang menakjubkan. Laut yang sangat jernih dan luas disertai beragam ikan dan terumbu karang. Juga rumah-rumah suku Bajo yang dibangun di atas air, semuanya tampak indah dari sini.
Selain itu ada pula Cagar Alam Bacan, Pantai Pawete, serta Masjid dan Keraton Sultan Bacan. Saking banyaknya yang harus dikunjungi maka tidak cukup sehari berada di tempat indah ini. Anda dapat menyewa hotel atau penginapan di sekitar pulau ini. Jangan lupa juga untuk membawa oleh-oleh ketika hendak pulang yang berupa batu permata khas Bacan. Batu yang tergolong unik ini akan berubah warna sesuai dengan panas tubuh si pengguna.
3. Danau Rana, Pulau Buru
Danau yang satu ini merupakan danau paling besar di Kepulauan Maluku. Apabila ditempuh dari Kota Namlea jaraknya sekitar 63 km. Pulau Buru merupakan tempat penulis Pramoedya Ananta Toer pernah dibuang. Sedikit sulit untuk mencapai lokasi Danau Rana ini. Pertama anda harus naik ferry dari kota Ambon lalu naik kendaraan dari Namlea selama 1,5 jam, dan harus meneruskan perjalanan sejauh 43 km untuk tiba di Danau Rana.
Yang membuat obyek wisata ini istimewa adalah pemandangan alam sekitar yang masih alami dan begitu indah, dengan air danau yang memantulkan warna langit, ada pula tanaman teratai yang menghiasi danau tersebut. Saat senja pemandangan akan semakin cantik, karena air danau yang memantulkan warna langit lembayung.
Wisata Lain di Ambon
1. Pantai Collins
2. Pantai Toisapu
3. Pantai Halong
4. Pantai Naku
5. Pantai Amahusu
6. Pantai Pasir Putih Air Manis
7. Pantai Tanjung Marthafons
8. Pantai Larier
9. Gua Leang Ekang
10. Taman Laut Air Louw
11. Taman Laut Eri
12. Taman Laut Seri
13. Taman Laut Wayame
14. Taman Laut Hative Besar
15. Taman Laut Pulau Pombo
16. Wisata Bahari Pulau Ela
17. Wisata Bahari Hila
18. Wisata Bahari Tanjung Setan
19. Wisata Bahari Tulehu
20. Gunung Nona
21. Gunung Sirimau
22. Tugu Dolan
23. Tugu Trikora
24. Batu Capeo
25. Makam Pahlawan Persemakmuran
26. Monumen Beringin
27. Gereja Tua Hutumuri
28. Monumen Rumphius
29. Monumen Australia
30. Gua Hukurila
31. Taman Laut Latuhalat
32. Darwin-Ambon Yahcht
33. Benteng New Victoria

Itulah beberapa obyek wisata yang ada di Ambon. Wah, ternyata banyak juga, ya. Nah, bagi anda yang ingin liburan ke Ambon, pasti mendapatkan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Wisata Ambon banyak obyek wisata pantainya dan semua pantai di sana indah dan unik.

Wisata kulinernya juga patut anda cicipi untuk mengisi perut. Ada papeda kuah kuning, kopi joas, kopi sibu-sibu, nasi kelapa, sampai dengan ikan asapnya. Semua begitu menggugah selera. Ya, nusantara kita dengan beragam suku bangsa, budaya dan bahasanya memiliki ciri khas tersendiri termasuk tempat wisatanya. Kalau anda masih ingin tahu tentang Kota Ambon dan obyek wisata menarik di sana, ayo bersiap untuk menjelajah kota ini!

Komentar kamu?