Wisata Maluku Utara

838 views
0

WartaWisata.ID – Maluku utara juga masih memiliki tempat wisata menarik lain yang pastinya sayang untuk kalian lewatkan. berikut Daftarnya :

1. Pantai Sulamadaha

Pantai ini adalah salah satu pantai yang terkenal dengan putihnya pasir dan kejernihan airnya. Pantai ini menawarkan pemandangan keindahan bawah laut yang bisa dinikmati dengan mata telanjang. Pantai yang terletak di sekitar 15 km dari Kota Ternate.

Tepatnya di Desa Sulamadaha, Kecamatan Pulau Ternate ini memiliki sebuah teluk yang airnya juga jernih dan berhadapan dengan Pulau Hiri yang Indah. Pantai Sulamadaha cocok sekali untuk kamu yang hobi menyelam dan snorkeling.

2. Gunung Gamalama

Dengan sekian banyak mitos yang dimilikinya, tidak membuat Gunung Gamalama sepi pengunjung. Gunung Gamalama dapat ditempuh dengan berjalan kaki kurang lebih selama 30 menit dari pusat kota Ternate. Banyak keindahan alam yang bisa didapat saat kita berkunjung kesana.

Dari puncak gunung, kamu bisa melihat hamparan perkebunan cengkeh dan pala di sepanjang lereng, hutan yang hijau dan luas serta keindahan pulau Ternate, pulau Halmahera, pulau Tidore dan hamparan biru laut.

3. Benteng Tolukko

Selain keindahan pantainya, Maluku Utara pun memiliki objek wisata sejarah, contohnya Benteng Tolukko yang terletak di Kelurahan Sangadji, Ternate Utara yang dibangun sekitar tahun 1540 oleh seorang panglima Portugis kemudian mengalami beberapa kali perbaikan hingga kini.

Benteng Tolukko tegak diatas pondasi batuan beku dengan membentuk ruang bawah tanah, lorong dan halaman serta bangunan utama berbentuk persegi. Benteng ini akan membawa kita pada kenangan zaman penjajahan. Ini cocok sekali untuk kamu yang menggemari wisata sejarah.

4. Pantai Jikomalamo

Pantai Jikomalamo merupakan pantai yang sangat indah berpasir putih bersih dengan bentangan pasir putih kurang lebih sekitar 100 meter. Terletak di sebuah teluk tersembunyi yang berhadapan langsung dengan Pulau Hiri di seberangnya, membuat Pantai Jikomalamo ini terlihat sangat indah. Menurut cerita penduduk setempat nama Jikomalamo ini diambil dari nama kampung yang ada di Pulau Hiri.

5. Museum Kedaton Sultan Bacan

Bangunan peninggalan Kesultanan Ternate yang kemudian dialihfungsikan menjadi sebuah museum ini merupakan tempat wisata yang bisa anda kunjungi dengan keluarga tercinta. Letak museum ini berada di Bukit Limau, Jalan Sultan Khairun, Kelurahan Sao Sio, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Maluku Utara. Bangunan ini berbentuk segi delapan yang menyerupai seekor singa duduk dengan dua kaki depannya menghadap ke laut.

Banyak sekali koleksi yang dimiliki Museum Kedaton Sultan Ternate ini seperti koleksi benda geologi, etnografi, arkeologi, sejarah numistik, filologi, teknologi, seni rupa, dan keramik. Berbagai peninggalan Kesultanan Ternate  misanya mahkota, singgasana berwarna emas, alat-alat perang, peralatan upacara adat serta Al-Qur’an tulisan tangan.

Ada satu keunikan dari mahkota peninggalan Kesultanan Ternate yang memiliki rambut yang bisa tumbuh seperti halnya rambut manusia. Untuk memotongnya, biasanya diadakan upacara ritual Istampa pada hari raya Idul Adha dan mahkota tersebut diperkirakan sudah berumur 500 tahun sejak Sultan Ternate yang pertama.

6. Taman Nukila

Taman Nukila diambil dari nama seorang pejuang perempuan Ternate yang pada saat itu melawan penjajahan Portugis. Beliau adalah pejuang wanita pertama di Indonesia, hal tersebut tertulis lengkap pada prasasti yang ada di Taman Nukila. Taman ini di resmikan oleh Walikota Ternate yakni DR. H Burhan  Abdurrahman SH pada tanggal 30 November 2014.

Lokasi Taman Nukila yang berada di pinggir pantai yang memiliki pohon-pohon yang rindang, sangat cocok untuk mengisi hari libur kamu. Di taman ini juga ada fasilitas tempat bermain anak-anak dan dilengkapi dengan pedestrian yang cukup lebar. Karena adanya Taman Nukila ini membuat Kota Ternate semakin asri dan sejuk.

7. Pulau Halmahera

Pula Halmahera juga tidak kalah indah dengan pulau-pulau lain di Maluku Utara. Di ujung utara pulau ini terdapat bebatuan karang yang sangat indah dan juga terumbu karang beserta beragam biota dalam kondisi baik dapat ditemui diperairan ini. Disini pula kamu bisa menemukan pasir putih dengan dua tipe yang berbeda, kasar dan halus. Paronama alam sekitar dan airnya yang bening sangat cocok untuk bersantai, berenang maupun snokerling bersama keluarga tercinta.

Selain berenang atau bersantai di tepi pantainya, berjalan menyusuri pulau juga menjadi kegiatan yang tak kalah serunya yang kerap jadi incara wisatawan. Taman Laut Tobotobo adalah tempat yang mempunyai taman laut yang sangat sempurna indahnya sehingga sangat amat disarankan untuk melakukan kegiatan snokerling maupun diving.

8. Teluk Jailolo

Teluk Jailolo yang bergelar Mutiara di Maluku Utara tersebut berada di antara Pulau Ternate dan Pulau Halmahera atau tepatnya di Halmahera Barat. Suatu tempat diving yang patut untuk anda kunjungi, kamu akan menemukan bermacam hewan laut seperti hiu, kura-kura, gurita ikan hias, kerapi, dan masih banyak llainnya yang belum sempat kami sebutkan.

Di Teluk Jailolo ini, kamu juga bisa melihat beragam jenis terumbu karang dan sejenis kerang-kerangan, ternyata sebagian dari mereka terdapat kerang langka. Selain keindahan bawah laut, keindahan daratannya tersaji pemandangan Gunung Gamalama yang terlihat cantik. Oh iya, setiap bulan Mei atau Juni, pemerintah Kabupaten Halmahera Barat selalu mengadakan Festival Jailolo yang di hadiri 100 penyelam lokal maupun luar negeri.

9. Danau Laguna

Danau yang begitu mempesona eloknya ini terletak di Desa Ngade, Kelurahan Fitu, Kecamatan Kota Ternate Selatan, Maluku Utara. Danau Laguna juga sering di sebut Danau Ngade, yang disebabkan berada di Desa Ngade dan berjarak -+ 20 km dari Kota Ternate.

Danau tersebut menawarkan keindahan alam yang masih alami dan mempesona bagi mereka yang berkunjung. Kamu akan dimanjakan dengan bentangan paronama danau yang disekitarnya dikelilingi bukit nan hujau, laut biru serta gunung yang eksotis.

Selain untuk wisata, Danau Laguna juga dimanfaatkan warga untuk budidaya ikan berjenis air tawar dan sebagai pengairan perkebunan. Dan tak ketinggalan sebagai obyek wisata pemancingan maupun berenang bagi kamu yang menginginkannya.

10. Danau Toilore

Danau ini berada di kaki Gunung Gamalama, selain memunyai bentuk unik juga mempunyai legenda yang sangat menarik. Danau Tolire terdiri dari dua buah danau yang masyarakat biasa menyebutnya sebagai Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil, dengan jarak keduanya hanya 200 meter saja.

Danau Tolire Besar sendiri menyerupai Loyang raksasa. Danau Tolire Besar merupakan tempat tinggal bagi bermacam ikan, uniknya warga setempat tak ada yang sudi menangkap ikan maupun mandi.

Mereka meyakini bahwa Danau Tolire Besar dihuni oleh banyak buaya siluman. Uniknya lagi jika melempar sesuatu ke danau, bagaimanapun kuatnya lemparan tidak akan pernah bisa menyentuh air danau.

11. Benteng Oranje

Benteng Oranye tentu bewarna oranje, tapi bukan tanpa alasan kenapa benteng ini berwarna Oranye. Ini karena benteng ini dibangun oleh kolonial Belanda tahun 1607. Kala itu, benteng oranje dijadikan markas besar VOC di Maluku.

Dulunya benteng oranye ini juga digunakan untuk markas tentara dan polisi Indonesia. Namun dibalik sejarahnya, benteng Oranye sangat indah saat kamu melihatnya dari udara. Benteng ini sangat cocok menjadi tempat destinasi kamu yang menyukai sejarah dan museum.

12. Masjid Sultan Ternate

Masjid yang berdiri sejak tahun 1606 ini, dibangun dengan susunan batu yang rumit yang direkatkan menggunakan campuran kulit kayu pohon kalumpang. Masjid ini harus masuk daftar destinasi yang akan kamu kunjungi saat di Maluku Utara. Masjid Sultan Ternate hanya berjarak 100 meter dari kedaton Sultan Ternate.

Bangunan masjid ini khas karena terdiri dari empat sudut persegi yang meniru bentuk tumpang limas yang tiap tumpangnya dipenuhi dengan terali berukir sebanyak 360 buah sesuai dengan jumlah hari dalam satu tahun.

13. Pulau Morotai

Pulau ini terbilang unik karena permukaan pulaunya yang cukup rata. Pulau Morotai memiliki sejarah yang cukup panjang,  ketika dijadikan markas perang Jepang saat perang dunia kedua. Tidak heran jika pulau ini menyimpan banyak harta karun karena banyak tenggelamnya kapal-kapal di sekitar pulau ini.

Selain sejarah yang menjadi ciri khas pantai ini. Pulau Morotai juga memilki keindahan alam yang cantik, yang juga difavoritkan di kawasannya. Jadi untuk kamu yang menyukai sejarah, kamu harus datang ke pulau ini saat berkunjung ke Maluku Utara.

14. Desa Marikurubu

Desa Marikurubu terletak di Gunung Gamalama. Kamu yang akan mendaki Gunung Gamalama wajib mengunjungi desa ini. Sebab untuk mencapai desa Marukurubu kamu mesti mendaki Gunung Gamalama sekitar empat jam.

Kamu jangan takut akan bosan dengan perjalanan ini. Selama perjalanan kamu bisa melihat pohon-pohon cengkeh yang konon ada salah satu pohon cengkeh tertua di dunia, yang usianya mencapai 400 tahun dan bisa menghasilkan 400kg cengkeh dalam setahun.

Selain keunikan itu matamu juga akan dimanjakan dengan keindahan Gunung Gamalama yang indah dan bagi kamu penikmat sunrise dan sunset, tempat ini akan menghadirkan momen tersebut dengan sangat indah.

Komentar kamu?