Mengenal Potensi Wisata dan Pesona Papua Barat

629 views
0

WartaWisata.ID – Beberapa Destinasi wisata di Ujung Indonesia yang menjadi daya tarik bagi Turis manca Negara yang mencintai petualangan dan keasrian Alam dan Budaya yang masih terjaga, inilah Papua Barat :

  1. Pantai Tanjung Kasuari

Pantai ini merupakan objek wisata utama yang sering dikunjungi para wisatawan jika berlibur ke Sorong. Suasana di pantai kasuari ini berbeda halnya dengan pantai-pantai yang ada di Bali, pantai kasuari masih belum ramai di kunjungi orang-orang terkecuali di hari libur meskipun begitu keindahan pantai kasuari tidak kalah dengan pantai yang ada di Bali. Hamparan pasir putih pantai kasuari masih sangat bersih dan disekeliling pantai terdapat pepohonan yang tinggi sehingga bisa dijadikan untuk berteduh jika panas di siang hari. Kota Sorong sering kali dijadikan tempat singgah para traveller yang akan menuju ke kepulauan Raja Ampat.

Untuk menuju pantai kasuari jika kita berangkat dari pusat kota Sorong yaitu berjarak sekitar 7 KM. Akses kendaraan yang bisa digunakan untuk sampai ke pantai kasuari yaitu dengan menggunakan ojek dengan tarif sekitar Rp.30.000 dan jika menggunakan ramai-ramai maka gunakan angkutan umum sekitar Rp.100.000 hingga Rp.200.000. Jika kamu berasal dari luar Kota Sorong sangat mudah untuk menuju kota Sorong yaitu dapat menggunakan jalur darat ataupun udara. Jika akan menggunakan jalur laut maka gunakanlah kapal pelni karena kapal ini satu-satunya kapal dari pulau Jawa yang berangkat menuju Kota Sorong. Sedangkan jika menggunakan jalur udara sudah tersedia beberapa maskapain dengan tujuan Dominiq Edward Osok, Kota Sorong. Jika berunjung ke Kota Sorong tak lengkap jika tak merasakan makanan khas Soorng yaitu roti abon gulung.

  1. Taman Wisata Alam Sorong

Taman Wisata Alam Sorong terletak sekitar 14 KM dari pusat kota Sorong tepatnya di Jalan Sorong Klamono. Tempat wisata ini berupa hutan lindung dan terdapat banyak jenis tumbuhan dan hewan yang hidup di taman wisata alam ini. Berbagai aktivitas dapat dilakukan di taman wisata alam mulai dari berkembah, beberapa kegiatan outbound akan tetapi harus membawa perlengkapannya sendiri ya karena belum tersedia. Taman wisata alam ini memiliki pos penjagaan polisi hutan, sehingga tenang aja jikapun terjadi suatu hal yang tidak diinginkan dapat segera melapor kepada pos polisi tersebut.

Pemandangan alam yang indah dengan cuaca sejuk sangat terasa di taman wisata alam Sorong ini dilengkapi dengan suasana yang tenang dan nyaman. Di sekitar taman wisata alam terdapat air terjun dengan debit air yang cukup deras dan air nya pun sangat jernih. Tempat ini masih sangat asri belum tercemari limbah dan juga polusi perkotaan. Siapkan makanan yang cukup ya karena jika kamu lapar di tempat ini belum tersedia penjual makanan ataupun minuman. Akses menuju taman wisata ini dapat menggunakan angkutan umum, ojek ataupun bis. Dari pusat kota Sorong untuk sampai menuju taman wisata ini sekitar 20 menit. Jika akan menggunakan angkutan umum ataupun bus siapkan tarif sekitar Rp.5.000/orang dan ojek Rp.20.000. Selain angkutan umum, bus dan ojek bisa juga dengan menyewa kendaraan pribadi yaitu dengan tarif Rp.400.000 – Rp.500.000/ hari harga tersebut sudah lengkap dengan sopir.

  1. Pulau Buaya

Pulau Buaya terletak tidak jauh dari kota Sorong akan tetapi memiliki pulau yang terpisah dari kota Sorong. Pulau ini diberi nama pulau buaya karena memiliki bentuk menyerupai buaya. Pulau buaya mempunyai wisata bahari yang sangat mempesona, air laut masih berwarna jernih dan tentunya masih sangat bersih karena tidak banyak orang mengunjungi pulau ini. Pulau buaya memiliki pasir yang putih dengan dikelilingin pohon-pohon kelapa. Pulau ini sudah ada penduduknya akan tetapi belum begitu banyak adpaun orang yang tinggal di pulai ini yaitu para nelayan. Untuk menuju pulau buaya yaitu harus dengan menggunakan kapal dari pelabuhan Sorong.

Akses menuju pulau buaya harus menyewa kapal karena belum tersedia angkutan umum yang dapat mengangkut wisatawan untuk berkunjung ke pulau buaya. Tarif biaya menyewa kapal yaitu sekitar Rp.200.000 – Rp.250.000. Untuk sampai ke pulau buaya dibutuhkan waktu sekitar 45 menit dari pelabuhan Sorong. Dan tidak dikenakan tarif ketika sampai ke pulau buaya. Beberapa fasilitas yang telah tersedia di pulau ini yaitu perahu untuk pulang pergi dari pelabuhan ke pulau buaya, sudah tersedia banana boat, donut boat, parasailing, paintball, dll. Jika kamu ingin bermalam di pulau buaya tidak usah khawatir karena sudah tersedia cottage di pulau ini.

  1. Pulau Um

Pulau Um merupakan pulau yang terletak di Makbon. Makbon merupakan desapedalaman yang terletak tidak jauh dari kota Sorong. Pulau ini terkenal sebagai pulau yang merupakan habitat dari kelelawar dan burung camar. Jika kamu berkunjung ke Sorong, pulau um merupakan pilihan yang tepat untuk berlibur. Pulau ini merupakan pintu gerbang untuk menuju ke Raja Ampat dan tips wisata ke Raja Ampat. Pulau ini memiliki keindahan alam yang mempesona mulai dari hewan yang berada di daratan hingga hewan-hewan yang berada di bawah laut. Di pulau ini kamu bisa menangkap lobster, mendapat sensasi baru berenang di dekat sapi laut, dan menyelam di bawah air dengan banyak benda-benda sisa-sisa perang dunia II.

Pulau um merupakan pulau yang dijadikan tempat para nelayan bersinggah ketika mereka berlayar. Biasanya para nelayan yang singgah di pulau um menjual ikan yang baru ditangkapnya, sehingga wisatawan dapat langsung mencicipi ikan segar dengan membakarnya. Jarak pulau um jika ditempuh dari kota Sorong yaitu sekitar 40 KM atau sekitar 2 hingga 3 jam. Akses kendaraan yang digunakan yaitu dari kota Sorong menggunakan transportasi umum menuju dermaga pantai makbon dengan tarif Rp.20.000. Setelah sampai dari dermaga pantai Makbon, lakukan perjalanan sekitar 30 menit dengan menggunakan speed boat. Perjalanan menuju pulau um disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat indah.

  1. Danau Ayamaru

Danau Ayamaru terletak cukup jauh dari pusat kota Sorong yaitu berjarak sekitar 170 KM atau sekitar 7 jam untuk sampai ke danau ini. Danau ayamaru memiliki keindahan alam yang sangatindah, airnya yang masih sangat bening dengan suasa alam sekitarnya yang masih asri. Danau ini dikelilingi oleh perbukitan dan pepohonan. Masyarakat setempat meyakini jika mereka menjaga danau itu tetap bersih maka sama saja dengan menjaga nenek moyang, oleh karena itu danau masih sangat asri.

Danau ini mempunyai kedalaman 6 meter akan tetapi debit air sangat dipengaruhi oleh musim yang sedang terjadi. Saat musim hujan debit air banyak dan ketika kemarau biasanya debit air berkurang dari biasanya. Danau ini menjadi tempat berbagai macam ikan mulai dari ikan-ikan kecil, ikan langka yaitu rainbow fish. Saat musim kemarau danau ini menjadi tempat untuk migrasi burung dari Australia. Akses kendaraan yang digunakan yaitu dengan menggunkan jalur udara menuju bandara Sorong dan dilanjutkan perjalanan darat menuju Kabupaten Maybrat.

  1. Pulau Doom

Pulau doom merupakan pulau yang langsung berbatasan dengan Samudera Pasifik. Keindahan alam pulau doom menjadikan daya tarik bagi para wisatawan mulai dari keindahan pasir putihnya, batu karang dan juga memiliki nilai sejarah. Pulau ini mempunyai luas sekitar 5 KM, pulau ini mempunyai sebutan Dum yang berarti pulau penuh buah. Di sekitar pulau doom banyak ditemui buah sukun di setiap rumah warga setempat. Tempat ini mempunyai nilai sejarah terlihat dari bangunan-bangunan bekas penjajahan Belanda seperti Kantor Hoofd van Plaatselijk Bestuur, penjara Doom, lapangan sepak bola, Gereja Kristen Orange dan tempat yang digunakan berpesta oleh para penjajah Belanda.

Jika kamu ingin mengelilingi pulau Doom maka dapat berkeliling dengan membayar Rp.30.000 hingga Rp.50.000 dengan menggunakan becak. Selain itu kita bisa menuju pulau Soop hanya dengan 15 menit dengan menggunakan perahu dari pulau Doom. Akses kendaraan untuk menuju pulau doom yaitu jika dari Bandara Eduard Osok dapat menggunakan jasa ojek  atau taksi menuju pelabuhan Sorong. Dan dilanjutkan perjalanan menuju pulau Doom menggunakan perahu sekitar Rp.20.000.

  1. Wisata Kuliner di Tembok Berlin

Wisata Kuliner Tembok berlin merupakan tembok pembatas antara jalan raya dengan pantai. Pada sore hari sepanjang tembok berlin sering dijadikan tempat para wisatawan dan waga setempat melihat sunset selain itu pada malam hari terdapat penjual makanan seafood. Kuliner yang ada di sepanjang tembok berlin buka setelah maghrib dan tutup ketika hari mulai memasuki tengah malam. Biasanya kuliner-kuliner dipenuhi banyak orang bahkan terkadang sulit untuk menemukan parkiran. Untuk harga biasanya seporsi kepiting dengan nasi dijual sekitar Rp.60.000 hingga Rp.120.000 bergantung jenis dan ukuran. Selain itu dapat juga berlibur ke tempat wisata di Nabire Papua.

Komentar kamu?