Pariwisata NTT Menggeliat di Periode Kedua Gubernur Lebu Raya

171 views
0

WartaWisata.ID – Pariwisata di NTT mulai terlihat menggeliat atau bergerak cepat semenjak periode kedua kepemimpinan Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya. Kondisi ini terdorong lagi dengan tekad menjadian NTT sebagai New Tourism Terotory.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pariwisata NTT, Dr. Jelamu Ardu Marius kepada Pos Kupang, Rabu (16/5/2018).

Menurut Marius, potensi pariwisata di NTT cukup banyak, diantaranya potensi wisata di darat, laut, tetapi potensi yang besar ini belum dikembangkan secara dimaksimalkan. ”

Akhir-akhir ini kita mulai mengembangkan sektor ini. Bahkan, sektor ini mulai menggeliat ketika kepemimpinan periode kedua dari bapak Frans Lebu Raya,” kata Marius.

Dia menjelaskan, apabila dilihat dari peta ekonomi nasional, maka Pariwisata merupakan penerimaan devisa kedua setelah kelapa sawit. Sebelumnya ada di peringkat keempat. Namun, saat ini sudah di surutan kedua.

“Kita tentu tidak mengandalkan destibasi wisata, tapi kita perbanyak even-even. Karena itu, kami terus provokasi teman-teman di semua kabupaten dan kota agar lakukan even-even berupa festival-festival seni budaya dalam mengembangkan sektor pariwisata,” katanya.

Dijelaskan, secara nasional, dari 100 top even, pemerintah pusat menetapkan empat top even pariwisata di NTT, yakni Festival Komodo, Tour de Flores, Festival Likurai dan Parade kuda dan tenun ikat.

Dari empat top even ini, pemerintah terus melakukan berbagai festival di semua kabupaten dan kota, antara lain, festival Kelimutu, Festival teluk Maumere?, Festival tiga gunung di Lembata, Expo Alor , Reba di Manggarai, begitu juga di Rote Ndao dan Sabu Raijua.

“Semua gebrakan ini nampak di periode kedua bapak gubernur NTT dan kami rasa berterima kasih kepada bapak gubernur yang memberi kebebasan bagi kami untuk berkreasi. Bahkan beliau dorong kami untuk lakukan hal yang luar biasa,” katanya.

Komentar kamu?